Direktur Pesantren Ummul Mukminin, Alumni Kedua Program Doktor PAI Unismuh Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Direktur Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin 'Aisyiyah Wilayah Sulsel Abd Kadir Arief berhasil meraih Gelar Akademik Doktor Pada Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam.

Hal ini terlihat saat mengikuti Ujian Promosi Doktor yang berlangsung di Aula Kedokteran Unismuh Makassar, Senin (23/1/2023).

Tercatat Abdul Kadir merupakan Doktor ke 2 Alumnus Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Unismuh Makassar.

Abdul Kadir mengangkat disertasi berjudul “Pembaruan Sistem Pendidikan Dalam Mewujudkan Visi-misi Pondok Pesantren Studi Kasus: Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin 'Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan”.

Tujuan penelitiannya yakni, mendeskripsikan pembaruan pendidikan pondok pesantren ditinjau dari aspek manejemen kelembagaan dan aspek menejemen kurikulum, menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembaruan pendidikan, dan menemukan upaya mewujudkan visi-misi pondok pesantren.

Ia mengambil penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sehingga informan sampai 21 orang mengikuti kebutuhan data sekaligus.

Abd Kadir menyampaikan pembaruaan pendidikan pesantren setidaknya meliputi berbagi aspek, yaitu aspek manajemen kelembagaan, aspek manajemen kurikulum, dan aspek manajemen SDM.

"Secara kelembagaan kuantitas input dan output berjalan seimbang dikarenakan leadrship yang baik begitu pula dengan kurikulum dilakukan penyesuaaian dengan kurikulum nasional ditambah dengan kurikulum LP2M Muhammadiyah Sulsel serta variasi kegiatan lainnya yang mendukung tercapaianya visi-misi Ummul Mukminin," tuturnya.

  • Bagikan