Peringati World Data Privacy Day, VIDA Dorong Identitas Digital Sebagai Akselerator Transformasi Digital Nasional

  • Bagikan
Ilustrasi identitas digital

Tak hanya lebih aman, peran identitas digital sebagai akselerator transformasi digital nasional juga dapat mendorong layanan digital yang lebih inklusif. Firlie Ganinduto Wakil Sekretaris Jenderal II AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia), mengungkapkan "Keberadaan identitas digital yang aman menjadi suatu elemen kunci dalam menghadapi tingginya tingkat penyalahgunaan data pribadi dan kejahatan siber lainnya. Kerangka regulasi yang tepat yang diikuti literasi masyarakat hadir sebagai upaya bersama dalam mendorong digital trust ini di kalangan masyarakat menuju target inklusi keuangan yang ditetapkan pemerintah untuk tahun 2024.”

Selain untuk kepentingan industri, identitas digital dan tanda tangan elektronik tersertifikasi juga dapat dimanfaatkan sama baiknya pada ranah pelayanan publik, misalnya untuk melaporkan pajak. memiliki misi untuk memberikan akses yang aman dan inklusif kepada setiap warga negara Indonesia untuk meningkatkan partisipasi di ekosistem digital baik untuk mengakses layanan publik maupun berbagai macam aktivitas ekonomi. Mari kita bekerja sama untuk memastikan
bahwa setiap orang terlepas dari status sosial atau latar belakang ekonomi mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses dan menggunakan teknologi dengan aman.” pungkas Adrian.

  • Bagikan