Sebut 900 Kios Terbakar di Pasar Sentral, PD Pasar: Pembangunan Dimulai 27 Januari Mendatang

  • Bagikan
Dirut PD Pasar Makassar, Ichsan Abduh Hussein (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Data jumlah kios terbakar di Pasar Sentral simpang siur, Direktur Utama PD Pasar Makassar, Ichsan Abduh Hussein menegaskan jumlah sebenarnya ada 900 kios.

Saat kabar terbakarnya Pasar Sentral pada (27/12/2022) tersiar, informasi yang beredar ada 840 kios terbakar. Hal itu berdasar dari keterangan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Belakangan, informasi itu dianulir. PD Pasar Makassar menyebut ada 931 kios yang dilalap habis Sijago merah.

“Versi dari saya dong (yang benar). 900 pas. Awalnya saya pikir 931, ternyata 31 itu tidak terbakar. Dia itu disebelah, diblok B Barat. 900 fiks,” terang Ichsan, kepada fajar.co.id saat ditemui di kediaman Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Rabu (25/1/2023).

Soal relokasi kios pedagang, Ichsan bilang dalam waktu dekat ini segera dibangun. Lokasinya berada di Jalan Cokroaminoto Kecematan Wajo, Makassar.

“Jadi yang saya bangun di penampungan (relokasi) 900 juga. Mudah-mudahan tidak ada halangan, tanggal 27 kita sudah mulai pembangunan,” jelas Ichsan.

Rencana tersebut, telah didiskusikan Ichsan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang , Perhubunhan, Satpol PP, dan PD Parkir.

“Karena rekomendasi pihak pemerintah, dari lima SKPD terkait penggunaan jalan, itu sudah diterima semua. Tinggal SK nya Pak Wali ditunggu. Tapi saya sudah bicara juga sama bapak, kasihan juga pedagang korban bencana, mereka butuh penghasilan sekarang,” jelasnya.

“Makanya saya minta kebijakannya Pak Wali, kalau sudah keluar kita sudah mau mulai,” pungkas Ichsan.

  • Bagikan