Prodi Doktor Ilmu Perikanan UMI Jalani Asesmen Lapangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Progran Studi (Prodi) Doktor Ilmu Perikanan Universitas Muslim Indonesia (UMI) menjalani asesmen lapangan, Rabu (25/1/2023).

Asesmen lapangan itu dilakukan oleh tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Mereka adalah Dr Agus Tjahjono dari Universitas Brawijaya dan Prof Dr Ir Niette Vuca Huliselan dari Universita Pattimura.

Direktur Program Pascasarjana Prof Sufirman Rahman menjelaskan, asesmen ini membahas hal yang berkaitan Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS).

Kemudian berkaitan juga dengan program studi, mulai dari dosen, mahasiswa, publikasi dosen dan mahasiswa, proses seleksi masuk mahasiswa, ujian dan sebagianya.

“Kemudian juga tenaga kependidikan, pegawai dan kemudian berkaitan rencana strategis dan rencana operasional,” jelas Prof Sufirman.

Tak hanya itu, asesmen ini juga membahas visi misi, dan program pengembangan yang meliputi pengembangan SDM dan pengembangan sarana dan prasarana, serta faktor penunjang lainnya.

“Akredistasi Produ Doktor Ilmu Perikanan ini program studi baru, baru tiga tahun. Akreditasinya selama ini standar, yaitu baik (B), kita usahakan untuk baik sekali,” harap Prof Sufirman.

Ketua Prodi Ilmu Perikanan PPS UMI, Dr Ir Asbar menjelaskan, kedatangab tim asesor ini bertujuan untuk mengklarifikasi data-data yang sudah di tulis di LKPS dan LED yang terkirim.

“Dari hasil verifikasi tadi, banyak data-data yang dikirim sebelumya yang dicocokkan. Lalu ada data-data tambahan termasuk dari jurnal internasional bereputasi banyaj tambahan. Termasuk jumlah publikasi yang disitasi,” kelasnya.

  • Bagikan