Pemprov Sulsel Hibahkan Lahan 60 Ribu Meter di CPI untuk RS OJK

  • Bagikan
Desain RS OJK Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Kesehatan RI melakukan pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal di Makassar yang menangani Otak, Jantung, dan Kanker (OJK) berlokasi di Centre Point Of Indonesia.

Peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan ini dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di CPI Makassar, Selasa, 31 Januari 2023.

Rumah Sakit ini diarahkan sebagai pusat pelayanan otak, jantung, dan kanker. Dengan nilai Kontrak Rp 1,4 Triliun untuk pembangunan fisik rumah sakit, yang berasal dari DIPA Sekretariat Ditjen Yankes TA 2022-2024.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, bahwa pembangunan rumah ini terlaksana berkat kerjasama Kementerian Kesehatan dan Pemprov Sulsel.

"Alhamdulillah, hari ini telah dilakukan ground breaking bersama bapak Menteri Kesehatan, pembangunan Rumah Sakit UPT Vertikal Makassar, untuk pelayanan otak, jantung, dan kanker senilai Rp 1,4 Triliun," ungkapnya.

Wujud kerjasama yang dilakukan ini, atas pelibatan Pemprov Sulsel yang menyiapkan hibah lahan di kawasan CPI seluas 60 ribu m2 yang menjadi lokasi pembangunan rumah sakit ini. Lokasinya pun sangat strategis.

"Ini hasil kerjasama Kementerian Kesehatan bersama Pemprov Sulsel. Pemprov telah menghibahkan tanah di kawasan CPI seluas 60 ribu m2 dengan nilai aset berkelas. Dalam perjanjian hibah dan kerjasama itu, Pemprov telah menegaskan minimal 20% SDM dari nakes Provinsi.

Selain itu, pada tahun 2022, Pemprov Sulsel membangun jembatan sebagai akses ke lokasi rumah sakit dengan alokasi Rp 15 Miliar. Serta di tahun ini, Pemprov Sulsel akan menangani jalan dan pedestrian kawasan CPI di area menuju RS dengan alokasi Rp15 Miliar.

  • Bagikan