Dikeluhkan Masyarakat, Pemprov Sulsel Lakukan Pembersihan Saluran Drainase untuk Atasi Genangan di Hertasning

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembersihan saluran drainase, Jalan Hertasning, Rabu, 1 Februari 2022.

Pembersihan ini merupakan upaya pemerintah provinsi, untuk menangani genangan air yang diakibatkan oleh tidak mumpuninya saluran yang tersedia dalam menahan debit air.

Kepala Bidang Marga Dinas PUTR Sulawesi Selatan, Irawan Dermayasamin Ibrahim menuturkan bahwa pembersihan saluran drainase membuahkan hasil positif bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

Hal ini dibuktikan dengan berkurangnya air yang tergenang.

“Kondisi saat ini sudah tidak banjir lagi. UPT sudah membersihkan saluran drainase karena ini penyebab air tergenang di jalan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa persoalan ini merupakan pengingat bagi pemerintah dan masyarakat terkait pentingnya manajemen tata kelola air.

Tak habis akal, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menender penyusunan Detail Engineering Design (DED) demi kenyamanan masyarakat.

“Sumber masalahnya adalah drainase di bahu jalan. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut terkait DED penanganan area Areopala,” ujarnya.

Diketahui, genangan di musim penghujan selalu menjadi masalah di perkotaan, dan salah satu dampak dari genangan air tersebut adalah kerusakan jalan. Adapun saat ini di atas saluran drainase terdapat banyak lapak-lapak liar

Terkait Hertasning dan Aroepala, ruas ini adalah jalan Provinsi yang menjadi akses menuju kabupaten Gowa dan Maros yang saling terhubung dari Hertasning - Aroepala - Tun Abdul Razak - HM Yasin Limpo - Burung-Burung menuju Bili - Bili atau menuju ke Carangki.

  • Bagikan