DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Seminar Keterampilan Pengasuhan Orang Tua pada Anak Remaja

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pengayoman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti seminar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak yang dilaksanakan di Aula Kanwil, Jumat (3/2/2023).

Narasumber yang dihadirkan yakni Nur Anti, Fasilitator Parenting Skill Provinsi Sulsel.

Saat memaparkan materinya, Nur Anti mengatakan, seorang anak yang memasuki masa remaja mengalami perubahan baik dari segi fisik maupun perilakunya. “Perubahan remaja ini ditandai dengan perilaku yang mau mandiri, sedang menemukan jati dirinya, butuh kenyamanan, butuh dimengerti, dan butuh didengarkan. Bahkan, remaja sudah bukan lagi anak kecil tetapi juga belum benar-benar dewasa,” jelas Nur.

Untuk itu, Nur mengajak Ibu-Ibu yang anaknya memasuki usia remaja agar bisa bertindak sebagai mentor, harus mengembangkan pola komunikasi, dan harus mendampinginya dalam masa perubahan ini.

Melalui pengasuhan ini, diharapkan remaja dapat berkembang lebih optimal dan memiliki konsep diri yang positif. Namun yang harus diingat, remaja bukanlah replikasi orang tua saat remaja di masa lalu.

Selain itu, konsep diri remaja terbentuk dari hasil interaksi dengan keluarga dan lingkungan pertemanannya.

Adapun seminar ini di rangkaikan dengan arisan. Ketua DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ny. Dame Yosefina (istri Kepala Kantor Wilayah Liberti Sitinjak) berharap di tahun 2023 ini organisasi DWP Pengayoman Kanwil Kemenkumham Sulsel semakin maju dan mampu menghadirkan kegiatan - kegiatan yang bermanfaat seperti seminar hari ini.

  • Bagikan