Komisi V DPR RI Pantau Sungai Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Guna melihat penyebab banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, Anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja Kamis, 2 Februari.

Mereka turun langsung melihat kondisi Sungai Maros di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan AP Pettarani. Pemantauan yang dilakukan dari atas Jembatan Sungai Maros ini untuk melihat aliran sungai yang menyebabkan terjadinya banjir beberapa waktu lalu.

Kunjungan kerja ini dipimpin langsung Ketua Tim Kunjungan, Andi Iwan Darmawan Aras yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

"Jadi kita melakukan kunker spesifik ke Maros untuk melihat kejadian setelah bencana. Khususnya bencana banjir yang sempat terjadi di Kabupaten Maros," ungkapnya.

Diakuinya jika beberapa sisi Sungai Maros memang dibutuhkan bangunan infrastruktur yang memadai.

"Itu Sheet Pile, yang mana memang dibutuhkan untuk membuat lintasan air ini dari sungai ke pemukiman itu bisa hilang," jelasnya.

Kami sudah melakukan kunjungan kerja langsung dan melihat kondisi langsung di lapangan,sambungnya.

"Telah dibahas bersama-sama dengan anggota Komisi V dan pihak terkait. Kami semua sepakat untuk segera melakukan antisipasi konkrit terhadap bencana banjir yang terjadi di Maros," ungkapnya.

Pendangkalan sungai ini sebetulnya kata dia, tidak hanya terjadi di Kabupaten Maros saja.

"Seperti di Kabupaten Pangkep itu sudah kita lakukan penanganan," katanya.

Saat ini kata dia, pihaknya fokus di Kabupaten Maros.

"Tentunya berbagai permasalahan akan diselesaiakan step by step. Kita tahu dengan keterbatasan penganggaran kita akan lakukan langkah antisipatif dari jangka pendek, menengah dan panjang seperti apa. Jadi termasuk masalah pendangkalan, tanggul sungai dan sheet pile itu semua akan kita bahas," jelasnya.

  • Bagikan