Lemhannas: Keketuaan Indonesia ASEAN Perkuat Sentralitas Kawasan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Andi Widjajanto mengatakan Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 akan memperkuat sentralitas ASEAN di kawasan. Kendati keketuaan ini diemban ditengah menguatnya dinamika global dan regional seperti Rusia-Ukraina hingga Myanmar dan Laut China Selatan.

Meskipun demikian, Andi menegaskan, tantangan ini justru menjadi peluang bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinan dan pengaruhnya guna memperkuat sentralitas dan pengaruh ASEAN di kawasan.

"Tapi di balik tantangan itu, di situlah peluang Indonesia untuk betul-betul memperkuat sentralitas ASEAN, betul-betul memperkuat pilar-pilar ASEAN Community. Sehingga keketuaan ASEAN di tahun ini bisa memunculkan ASEAN yang lebih solid, ASEAN yang bisa lebih berperan untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan regional," tegas Andi dalam dialog daring bertema "Potret ASEAN Terkini di Kancah Global: Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023" yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) pada Senin, (6/2/23).

Dalam kesempatan tersebut, Andi mengakui, situasi politik secara global sedang tidak kondusif, dimana antara Amerika Serikat dan Tiongkok sedang terjadi perang dagang. Amerika Serikat, katanya, belum menemukan celah untuk melakukan perdamaian di Ukraina dalam agreasi Rusia.

Sementara itu, ASEAN sendiri tengah menghadapi masalah yakni Myamar dan konflik Laut China Selatan yang tak kunjung menemukan titik temu. "Dan salah satu tantangan utama Indonesia dalam keketuaan ASEAN 2023 ini tentunya tentang Myanmar," paparnya.

  • Bagikan