Bentuk Tim Budaya Kompeten Implementasikan BerAKHLAK, ESQ Grup Gelar Pelatihan Bersertifikat BNSP

  • Bagikan

Kemudian Christine Sintari Ellen dari Pemkab Ketapang menyampaikan kesan yang menurutnya seru, ia juga bisa berkenalan dengan teman-teman dari daerah lain dan saling sharing pengalaman terhadap penguatan budaya kerja yang dilakukan di daerah masing masing.

"Hasil dari kegiatan ini akan kami implementasikan di daerah kami. Kami sudah mendapatkan pengalaman juga dari peserta lain saat sesi sharing. Kami percaya ilmu ini akan sangat bermanfaat sekali bagi penguatan budaya kerja di Pemkab Ketapang dan lainnya," tuturnya.

Diketahui, pada tanggal 27 Juli 2021, Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Core Values ASN yaitu BerAKHLAK. Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Core Values BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Untuk melakukan internalisasi budaya kerja baru ini maka Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) melakukan serangkaian program pengecekan kesehatan budaya kerja di seluruh Kementerian, Lembaga, Daerah. Tujuannya agar program internalisasi BerAKHLAK ini tepat sasaran.

KemenPANRB melakukan Survei Pemetaan dan Pengukuran Budaya Kerja ASN (Indeks BerAKHLAK) Tahun 2022 dengan ACT Consulting International untuk 632 Kementerian/Lembaga/Daerah yang totalnya kurang lebih 4,5 juta ASN tersebar di seluruh wilayah Indonesia.(*)

  • Bagikan