Pemkot Parepare Kirim Proposal Perbaikan Infrastruktur ke Pemprov Sulsel

  • Bagikan
Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang didampingi Plt Kadis PUPR dan Camat Bacukiki Barat, meninjau lokasi yang terdampak banjir (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Parepare)

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Banjir bandang yang terjadi di Kota Parepare pada 1 Februari lalu, berdampak pada kerusakan sejumlah Infrastruktur, seperti halnya fasilitas jembatan di beberapa titik.

Sebelumnya Wali Kota Parepare Taufan Pawe, telah mencanangkan perbaikan infrastruktur dengan cara swakelola. Namun, sehari berselang, Wali Kota bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman untuk berkoordinasi terkait dampak banjir di Parepare.

Dari hasil pertemuan itu, Gubernur Sulsel menjanjikan akan segera menurunkan bantuan bencana untuk perbaikan infrastruktur.

Hal itu, diungkapkan pelaksana tugas (Plt) kepala Dinas PUPR Kota Parepare, Samsuddin Taha, Sabtu (11/3/2023).

“Alhamdulillah setelah Pak Wali ketemu Gubernur, ada hasil yang kita dapatkan. Gubernur akan memberi bantuan bencana sebesar Rp3,4 miliar untuk infrastruktur yang rusak akibat bencana banjir,” ungkap Samsuddin Taha.

Prosesnya, kata Samsuddin Taha yang juga menjabat Kepala Bappeda Parepare ini, pihaknya telah membuat proposal terkait anggaran perbaikan infrastruktur di Parepare yang rusak akibat banjir.

“Sementara mau diusulkan. Proposal ini akan kita bawa Insya Allah hari Senin nanti,” katanya.

Tak hanya itu, selain bantuan bencana, Gubernur juga bakal memberi bantuan keuangan untuk penanganan sungai.

“Ini diperuntukkan untuk membuat tanggul dan untuk menggali sedimen-sedimen di sungai Jawi-Jawi,” bebernya.

“Baru sementara dihitung-hitung. Nanti selesai, baru kita usul ke Provinsi,” pungkas Samsuddin Taha. (*)

  • Bagikan