Tari Paduppa Unismuh Makassar Awali Pembukaan Sulawesi Education dan Techno Expo 2023 LLDIKTI Sultanbatara

  • Bagikan
Tari Padduppa Unismuh Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Pameran Pendidikan dan Inovasi Perguruan Tinggi Sulawesi Education dan Techno Expo 2023 Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sultanbatara, resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dr Setiawan Aswad, M.Dev, yang mewakili gubernur Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Selasa 14 Februari 2023.

Sebelum acara dibuka diawali dengan penampilan tarian paduppa Unismuh Makassar. Tari paduppa ini dibawakan oleh mahasiswi-mahasiswi keterwakilan dari delapan fakultas yang dibina Unismuh.

Tari paduppa ini merupakan sebuah tarian tradisional orang Bugis-Makassar, Provinsi Sulsel dalam acara penyambutan tamu.

Tari paduppa biasanya dibawakan oleh perempuan-perempuan cantik dengan diiringi musik tradisional dengan menggunakan alat seperti gendang, suling, kecapi dan pui-pui. Dan para pembawa tari menggunakan pakaian dengan warna-warni.

Tari paduppu Unismuh yang tampil saat pembukaan adalah binaan sanggar UKM Seni Unismuh dengan melibatkan keterwakilan delapan Fakultas, yakni, yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Fakuktas Pertanian, Fakuktas Agama Islam, Fskuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakuktas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan serta Fakuktas Hukum.

Unismu Makassar telah mendapatkan kesempatan luar biasa dari LLDIKTI, Wil. IX Sultanbatara untuk tampil membawakan sebuah tari khas Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan, yakni Tari Paduppa.

Penampilan tari paduppa Unismuh ini sangat menarik, karena disaksikan oleh banyak pejabat pemerintah dan para rektor perguruan tinggi negeri maupun swasta di Sulsel maupun di luar Sulsel.

  • Bagikan