Komisi V DPR RI Kunker ke Luwu Utara Tinjau Penanganan Pasca Banjir Bandang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA -- Anggota Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, (17-21/2/2023). Para legislator Senayan ini meninjau penanganan pasca banjir bandang dan Pelabuhan Munte.

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau hunian tetap (huntap) korban banjir, Sungai Masamba, bendung hingga Pelabuhan Munte.

Tiba di Bandara Udara Bua, Jumat (17/2/2023), rombongan langsung meninjau Desa Radda Luwu Utara yang menjadi salah satu lokasi pembangunan huntap untuk para penyintas banjir bandang. Rombongan komisi V DPR kemudian meninjau kondisi Sungai Masamba, Bendung Baliase dan Pelabuhan Munte.

"Pasca banjir ini kita mendorong Kementerian PUPR agar segera menyelesaikan secara maksimal terkait kegiatan penanganan banjir baik di Sungai Masamda dan Radda. Kalau penanganan sebelumnya sifatnya sementara kita harap secepatnya dibenahi, dipermanenkan agar daya tahan konstruksinya benar benar optimal," kata Wakil Ketua Komsi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Perbaikan permanen, lanjut Politisi Gerindra ini mendesak dilakukan, sebab, saat kondisi cuaca yang sangat tidak menentu. "Kita harap bangunan pengendalian banjir harus benar-benar optimal.
2023 ini di Sungai Radda kita ada pembangunan Sabo Dam, dibangun untuk mengendalikan sedimen dengan cara menahan, menampung dengan harapan bisa mengurangi sedimen," lanjut Ketua Gerindra Sulsel itu.

Iwan Aras juga menyampaikan, penanganan pasca banjir bandang juga dibutuhkan koordinasi lintas kementerian, karena kemungkinan adanya penyebap lain dari munculnya sedimen.

  • Bagikan