SMP Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Lomba Parade Budaya 14 Negara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — SMP Islam Athirah Bukit Baruga menggelar ajang kreasi budaya dan Islam Pelajar Indonesia atau Aksi Bumi 2023.

Aksi Bumi merupakan kegiatan rutin yang dihelat setiap tahun di sekolah binaan Yayasan Hadji Kalla itu.

Kegiatan ini berlangsung tiga hari, mulai Senin-Rabu, (20-22/2/2023) mendatang. Para juara akan langsung diumumkan saat penutupan.

Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan diantaranya lomba antar kelas meliputi stand, presentasi budaya negara, tari budaya dan parade budaya negara.

Selanjutnya lomba orang tua dan anak meliputi fashion show dan memasak khususnya dessert.

Kegiatan ini juga melibatkan para pelajar SD sederajat se-Makassar dengan sejumlah perlombaan seperti rangking 1 IPS, Tahfidz, Spelling Bee, Tari Kreasi, cerdas cermat IPA, dan cerdas cermat Matematika.

Tak tanggung-tanggung, peserta yang terdaftar mencapai 550 orang dengan rincian 348 peserta internal dan 202 peserta eksternal.

Ada puluhan juta total hadiah yang diperebutkan hingga piala bergulir.

Kegiatan ini merupakan projek kedua dari kurikulum merdeka di tahun ini. Setelah sebelumnya, telah digelar projek pertama dengan tema suara demokrasi.

Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga Dr. Patris Hasanuddin menyampaikan, aksi budaya yang digelar ini mengambil tema menyangkut tentang Million Lores From Amazing Culture.

“Alhamdulillah semoga kegiatan ini berjalan baik lewat aksi. Apa yang ingin kita capai sesuai harapan,” ujarnya.

Berbeda dari tahun sebelumnya dengan konsep budaya nusantara, Aksi Bumi kali ini mengusung konsep internasional dengan menghadirkan 14 negara di dunia antara lain Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Laos, Jepang, Jerman, Prancis, Arab Saudi, Korea Selatan, Belanda, Turki, Italia, dan India.

  • Bagikan