Dua Tahun Kepemimpinan Chaidir-Suhartina Akademisi Unhas: Terbukti Kerja Nyata

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepemimpinan AS Chaidir Syam (Chaidir) dan Hj Suhartina Bohari (Tina) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maros, kini sudah dua tahun.

Tepat 26 Februari 2023, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupatem Maros, AS Chaidir Syam dan Hj Suhartina Buhari. Pasangan ini, menang Pilkada 2020 dan dilantik pada 26 Februari 2021.

Pengamat Pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr. Andi Lukman berpandangan jika Bupati dan wakil bupati Maros, Chaidir-Suhartina sudah terbukti menjalankan tugas amanah rakyat dengan baik.

"Dalam rentang 2 tahun tersebut pasangan g memiliki tagline 'Hati Kita Keren', ini telah menunjukkan capaian kinerja yang sangat luar biasa," kata Andi Lukman, saat ditemui di Hotel Grand Asia Makassar, usai menghadiri salah satu forum diskusi, Minggu (26/2/2024).

Lebih lanjut, tenaga pengajar di Departemen Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin itu menyebutkan kesuksesan Chaidir-Suhartina dari berbagai aspek.

Dalam hal tata kelola pemerintahan, pencapaian bupati sangat positif peningkatan pada nilai indeks Reformasi Birokrasi Pemkab Maros yang pada tahun 2020 berada pada predikat cc naik menjadi Predikat B pada tahun 2021.

"Ini menunjukkan bahwa komitmen kepemimpinan untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam mewujudkan good governance telah tercapai dengan baik," tuturnya.

Lanjut dia, kenaikan angka ini juga menunjukkan bahwa pada lingkup pemkab Maros telah terjadi perbaikan secara signifikan pada pembangunan 8 area perubahan reformasi birokrasi yg sesuai dgn tuntutan dari Kemenpan-RB serta akuntabilitas kinerja yang semakin membaik.

  • Bagikan