Pj Bupati Takalar Jadi Irup Mengenang Jasa Dua Pahlawan Nasional Takalar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Pemkab Takalar menggelar upacara mengenang dua pahlawan nasional asal Takalar, Tanggung Daeng Romo dan H Padjonga Dg Ngalle, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, pada Selasa (28/2/2023).

Pj Bupati Takalar, Dr Setiawan Aswad dalam sambutannya selalu inspektur upacara mengatakan, upacara ini sebagai bentuk penghormatan kepada dua putra terbaik Indonesia itu.

Setiawan juga menyampaikan bahwa kedua tokoh ini telah dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh presiden setelah keduanya mencatatkan namanya dalam tinta emas sejarah perjuangan bangsa telah termaktub sebagai pejuang, sebagai patriot, menegakkan dan membela kemerdekaan bangsa Indonesia. Dua tokoh ini adalah nasonalis sejati yang tidak diragukan lagi kecintaannya kepada NKRI.

“Tanggung jawab kita sekarang adalah melestarikan semangat nasionalisme ini kepada diri kita, kepada generasi masa depan sebagai pelanjut eksistensi bangsa. Bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial, telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Dg Romo yang kita kenal sangat konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik,” jelasnya.

Disampaikan pula, demikian juga dengan Padjonga Dg. Ngalle putra kelahiran Polongbangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani. Ini fakta sejarah, sebut Setiawan, yang tidak bisa dipungkiri bahwa Takalar pernah maju melebihi daerah lainnya. Inilah yang harus mengilhami, kata Setiawan, untuk merefleksikannya dalam bingkai Takalar maju.

  • Bagikan

Exit mobile version