Kepala LLDIKTI IX Andi Lukman Raih Gelar Doktor Manajemen di Pascasarjana UMI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Drs Andi Lukman, M.Si berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen ke-485 Program Pascasarjana UMI Makassar dengan predikat Sangat Memuaskan, Rabu 1 Maret 2023 pada ujian promosi Doktor dipimpin oleh Direktur Pascasarjana UMI Makassar, Prof Dr H. Sufirman Rahman SH, MH di Lt3 Gedung Pasca UMI Makassar.

Doktor Andi Lukman berhasil mempertahankan penelitian disertasi berjudul, Capacity Manajement Building dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX.

Penulisan disertasi Andi Lukman dibimbing oleh Promotor, Prof Dr H.Basri Modding, SE. M.Si dengan Kopromotor, Prof.Dr.H.Achmad Gani, SE,M.Si dan Prof Dr Mursalim Laekkeng, ASEAN. CPA.

Dosen penguji adalah Prof Dr H Mansur Ramly SE M.Si, Prof Dr H Salim Basalamah SE M.Si, Prof Dr H Syahrir Mallongi SE MSi, Prof Dr Baso Amang SE, M.Si, dosen penguji eksternal Prof Dr.E.S.Margianti, SE, MM serta penguji partisipatif, Prof Dr Hasibuddin Mahmud.

Pada simpulan disertasinya dikatakan, kapasitas LLDIKTI IX secara umum belum maksimal hal ini disebabkan karena kewenangan institusional yang melekat masih sangat terbatas, selain itu Tugas  LLDIKTI IX hanya sebatas fasilitator bukan eksekutor dalam upaya meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta. Begitupun dengan aspek kompetensi Sumber Daya Manusia masih cukup memadai dari aspek formalitas tetapi tidak berbanding lurus secara subtansi karena itu perlu pemetaan pegawai dalam penempatannya. Mutu Perguruan Tinggi Swasta  lingkup LLDIKTI IX secara umum sudah memadai disebabkan sistem kaderisasi sudah dibangun pola sesuai regulasi selain itu sistem rekruitmen tenaga dosen dan tenaga kependidikan telah dilakukan dengan baik begitu pula aspek kelembagaan masih dalam keadaan normal dan under control namun lemah pada sumber dana dan fasilitas. Dalam rangka peningkatan kapasitas Lembaga layanan Pendidikan Tinggi dalam memfasilitasi peningkatan  mutu perguruan tinggi Swasta, dibutuhkan sistem kelembagaan yang kuat , sumber daya manusia yang kompeten, Sistem yang stabil serta networking sebagai aspek jejaring dalam mendorong partisipasi Stakeholder.

  • Bagikan