Mendagri Umumkan Kota Parepare Sebagai Daerah Terinovatif se-Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASAR - Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) mengumumkan hasil skor indeks inovasi untuk kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan 2022.

Hasilnya, Kota Parepare berada pada tingkat pertama dengan skor indeks inovasi daerah sebesar 58,89. Mengalahkan 23 kabupaten/kota di Susel.

Berdasarkan kategori, daerah disebut inovatif jika skornya mencapai 35,00 sampai 60,00. Sementara Kategori Kurang Inovatif skornya 0,01 sampai 34,99. Untuk Kategori Sangat Inovatif skornya 60,01 sampai 100,00.

Berdasarkan hasil skor, ada tiga daerah yang masuk kurang inovatif. Diantaranya Maros, Enrekang, dan Gowa.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan (Puslatbang) dan Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Andi Taufik memberikan apresiasi kepada ASN Pemkot Parepare.

"Selamat dan sukses untuk Pemkot Kota Parepare yang sudah meraih peringkat pertama sebagai daerah terinovatif dari 24 kabupaten/kota se-Sulsel berdasarkan penilaiaan skor indeks inovasi dari Kemendagri," kata Andi Taufik saat pembukaan penilaian lomba inovasi tingkat kota Parepare di kantor Puslatbang KMP LAN RI, Kota Makassar, Jumat, 3 Maret 2023.

Taufik menilai, inovasi pada pemerintahan daerah sangat ditentukan seorang pemimpin wilayah tersebut. Berdasarkan penilitian pihaknya, inovasi yang lahir dan berkembang pada pemerintah daerah karena kesadaran dan peran kepala daerah itu sendiri.

"Inovasi itu harus ditegakkan dari atas bukan dari bawah. Sehingga tentunya kita mengapresiai bapak Taufan Pawe yang menjadikan inovasi seperti gaya hidup ASN Pemkot Parepare," ungkapnya.

  • Bagikan