Sulsel Dapat Satu Train Kecepatan hingga 120 Km Perjam

  • Bagikan
Dua kereta terparkir di Gudang Prasarana Kereta Api Barru -- TAWAKKAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Gerbong kereta api (KA) Makassar - Parepare dijadwalkan tiba hari ini, Selasa, 7 Maret. KA ini memiliki kecepatan 120 km perjam.

Hal ini dikonfirmasi Kepala Tata Usaha Balai Pengelola Kereta Api Sulsel (BPKASS) Hasbudi Samad. Dia mengharapkan pengiriman gerbong untuk KA Sulsel ini tidak tertunda dari jadwal.

"Jadi harusnya besok (tiba) kalau tidak salah, jika gelombang laut bersahabat," imbuh Hasbudi, Senin, 6 Maret.

Diketahui kereta yang beroperasi saat ini di Sulsel merupakan KA inspeksi (KAIS). Merupakan kereta uji coba dalam meninjau kelayakan teknis dan operasional. Hanya saja, gerbong KA ini dimodifikasi dengan menambah tempat duduk.

Pun sampai saat ini KA tersebut masih beroperasi sebagai KA uji coba dan ajang promosi bagi KA Sulsel ke masyarakat.

Dia mengatakan, pihaknya belum bisa sesumbar terkait rencana pemasangan kereta yang baru, pihaknya menunggu instruksi pusat.

"Sejauh ini kami masih cari info, karena ini kan kegiatan pusat," sambungnya.

Lebih rincinya, jumlah kereta yang akan datang ini kata dia ada sebanyak satu train. Train ini akan memuat tiga gerbong. Sedangkan spek rincinya, dirinya juga belum bisa membeberkan apakah akan sesuai yang dijabarkan sebelumnya atau tidak.

Sekadar diketahui, KA utama yang akan datang ini sebelumnya sempat dibeberkan akan memiliki kecepatan mencapai 120 km perjam. Diklaim lebih mutakhir dari KA di Jawa yang hanya memiliki kecepatan rata-rata 80 km perjam.

Ini untuk menyesuaikan spesifikasi rel yang dianggap lebih baru (standar gauge). Sudah banyak digunakan di beberapa negara mencakup 60 persen dari total panjang kereta di dunia atau mencapai 720.000 km.

  • Bagikan