Pelatihan SAR di Barru Berjalan Lancar, Basarnas Sulsel Punya Tambahan 50 Potensi Kompetensi Pertolongan Air

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU— Upaya Basarnas untuk terus membina dan membentuk sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang sar terus digalakkan. Hal itu disampaikan Ketua Panitia dalam penutupan kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang dilaksanakan di Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/3/2023).

Kaharuddin selaku Kepala Sumber Daya Pencarian dan Pertolongan Basarnas Sulsel dan sekaligus Ketua Panitia pelaksanaan pelatihan potensi SAR menyampaikan bahwa kegiatan ini telah menciptakan 50 Potensi SAR yang memiliki kemampuan dan keterampilan di bidang pencarian dan pertolongan di permukaan air.

Potensi SAR merupakan sumber daya yang mampu mendukung pelaksanaan upaya pencarian dan pertolongan sesuai yang diatur undang-undang.

Sekitar 50 peserta telah menjalani pelatihan selama tujuh hari dari tanggal 5 hingga 11 Maret 2023 di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Kaharuddin juga menambahkan jika selama pelatihan, seluruh peserta mendapat pengetahuan tentang pertolongan pertama pada kegawatdaruratan, pengetahuan dasar sar, teknik pertolongan di air, serta bagaimana upaya melakukan proses evakuasi kepada korban menggunakan perahu karet.

Pelatihan dengan 72 jam pelajaran ini juga dilaksanakan proses ujian tertulis, sehingga tidak hanya keterampilan menolong yang dimiliki peserta. Tapi juga mampu menambah pengetahuannya tentang apa saja yang terkait dengan upaya pencarian dan pertolongan di permukaan air.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Barru yang membawakan sambutan Sekretaris Daerah Barru menyampaikan bahwa Pemerintab Daerah Barru sangat berterima kasih kepada Basarnas, terkhusus Basarnas Sulsel yang telah memilih Kabupaten Barru sebagai lokasi pelaksanaan pelatihan.

  • Bagikan