Sambut Ramadan, Usaha Hiburan di Makassar Tutup Lebih Awal

  • Bagikan
Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Malam (UHM) Makassar, Zulkarnaen Ali Naru

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Seperti tahun sebelumnya, Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) kembali menyepakati penutupan sementara aktivitas tempat hiburan lebih awal dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H, yakni
mulai Senin 20 Maret 2023 sampai Selasa 25 April 2023.

Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru, mengatakan bila merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 5 Tahun 2011 tentang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), penutupan tempat hiburan dimulai sehari sebelum Ramadhan dan dapat dibuka kembali tiga hari setelah Idul Fitri.

Namun, pihaknya memutuskan untuk menutup seluruh aktivitas tempat hiburan lebih awal, meski pemerintah belum atau baru akan melakukan sidang isbat terkait penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri beberapa hari ke depan.

“Kalau berdasarkan Perda ketentuannya H-1 dan H+3. Namun untuk memberikan kesempatan lebih bagi karyawan yang akan mudik dan menjalankan tarawih dan puasa dalam kaitan bulan suci Ramadhan, maka kami sepakat tutup lebih awal, meski pihak pemerintah belum menentukan awal Ramadhan tahun ini," ujar Zul, sapaan akrabnya.

Selain itu, berdasarkan metode hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah juga telah menetapkan awal puasa 2023 atau 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

"Dengan demikian, shalat tarawih Muhammadiyah dimulai pada Rabu (22/3/2023) malam dan puasa pertama pada hari Kamis. Ini juga yang menjadi salah satu pertimbangan kami, untuk menghormati keputusan atau maklumat PP Muhammadiyah dimaksud," beber Zul.

  • Bagikan