Kecamatan Tallo Berpotensi Kekeringan Air, Pakar Bersama Celebes Green Project Angkat Bicara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR,--Air bersih masih menjadi isu menarik dalam proses peningkatan akses layanan untuk masyarakat dan masuk didalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Selain itu, peningkatan akses air bersih menjadi akses air minum yang aman pun masih perlu dilakukan dengan baik.

Di Makassar ada Kecamatan Tallo merupakan satu dari lima kecamatan yang mengalami krisis air bersih. Ini berdasarkan data dari PDAM Kota Makassar.

Tallo juga merupakan kecamatan yang memiliki kelurahan dengan potensi kekeringan terbanyak di Makassar, terutama saat musim kemarau.

Hal ini disebabkan oleh jaringan perpipaan yang tidak merata serta pasokan air sumur yang tidak stabil dan berkualitas buruk.

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) sebagai organisasi nirlaba dari Grup GoTo, dilahirkan untuk mendobrak batasan dan menciptakan dampak yang mengakar dan berkelanjutan.

Lalu bersama Celebes Green Project melakukan beberapa rangkaian training serta monitoring dan evaluasi, Mereka memandang perlu dilaksanakan diseminasi.

Kendati demikian membahas hal tersebut,
dibuatlah Webinar bertajuk " Peningkatan Kualitas Hidup dengan Air Minum yang Aman". Rabu, 15 Maret.

Pemateri sekaligus Wakil Rektor 1 Unifa, Dr. Ismail Marzuki, membahas terkait Kesadaran individu dan rumah tangga terhadap kualitas Air Minum.

Ia mengatakan jika memang ingin mencarikan akses air bersih dan aman yang terdekat untuk warga di kecamatan Tallo, bisa melihat lokasi sekitar dengan menilai kehidupan masyarakatnya.

"Bisa lihat usia masyarakat yang tinggal disana. Jika mereka berumur panjang maka bisa mengambil akses air bersih disekitar lokasi tersebut," ucapnya.

  • Bagikan