63 Siswa Jurusan DKV SMKN 3 Gowa Tuntas Uji Kompetensi Keahlian

  • Bagikan

Fajar.co.id, Gowa -- Sebanyak 63 siswa jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 3 Gowa telah mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2023. Mereka dinyatakan lulus UKK setelah menyelesaikan ujian yang dibagi dua paket soal.

Paket pertama siswa diuji membuat kemasan produk makanan tradisional, sementara paket kedua, siswa membuat brosur dan poster SMK Negeri 3 Gowa.

Selama ujian, peserta membuat karya secara individu yang diawasi oleh guru DKV SMKN 3 Gowa dan pengawas eksternal. Tahapan ujian dimulai dari pembuatan sketsa, desain, hingga pencetakan karya masing-masing siswa.

Menurut Ketua Jurusan Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 3 Gowa, Sukiana Basir, Tahun 2023 ini, pihaknya melaksanakan UKK selama 16 hari (1 - 16 Maret 2023) dengan membagi beberapa kelompok peserta. Setiap kelompok mengikuti ujian selama 3 hari yang dipusatkan di laboratorium komputer 1 sekolah tersebut

"Satu kelompok itu mempergunakan waktu selama 24 jam atau kita gunakan 3 hari pelaksanaan ujian. Sedangkan penentuan kelulusan mereka (siswa), dilihat dari tema, kreatifitas, penggunaan waktu, dan penggunaan alat dan bahan yang disediakan," ujarnya.

Sukiana berharap, ilmu yang didapatkan siswa selama tiga tahun belajar di SMK Negeri 3 Gowa kelak dapat bermanfaat untuk masyarakat.

"Harapan kita sebagai guru SMK Negeri 3 Gowa, khususnya di DKV adalah bagaimana anak-anak kita bisa menggali dan memperlihatkan kompetensi mereka selama belajar di SMK 3 Gowa jurusan DKV, dan dia mampu mengaplikasikannya di mayarakat," katanya.

  • Bagikan