Belajar dari Australia, TP PKK Sulsel Akan Terapkan Konsep Playworld Sesuai Kearifan Lokal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, AUSTRALIA - Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti workshop Program Early Childhood and Family Education Facilitator, di Workshop Monash University, Melbourne, Australia, baru-baru ini. Workshop ini terkait pengembangan karakter keluarga dan pendidikan usia dini yang diselenggarakan oleh Center for Empowerment and Research (CfER).

Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina, yang hadir dalam kunjungannya ke Australia, mengatakan, CfER merupakan lembaga riset di Melbourne, dengan fokus pada pemberdayaan wanita dan keluarga.

"Tujuannya, agar dapat mengatasi dan mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi sebagai akibat perbedaan yang timbul dalam masyarakat yang beragam," ujarnya.

Workshop ini, kata Naoemi, untuk memberikan pemahaman tentang konsep penguatan keluarga. Terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), termasuk pendidikan karakter dan inquiry based.

"Workshop dirancang dengan kombinasi kegiatan in class delivery dan kunjungan ke fasilitas pendukung kesejahteraan keluarga, terutama pendidikan anak usia dini," imbuhnya.

Adapun workshop yang diikuti, yaitu Workshop Character Based Education and Overview of Childcare in Australia, yang berlangsung di Monash University Cauldfield, 14 Maret 2023. Hadir sebagai narasumber yaitu Lara Fridani, M.Psych., Ph.D. and Helen Cridland, Ph.D. yang merupakan dosen di Monash University.

"Workshop juga membahas konsep parenting, bagaimana pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter dimulai dari pengasuhan dan stimulasi yang diberikan orangtua," jelasnya.

  • Bagikan