Teken MoU Tol Laut dengan 5 Kepala Daerah, Gagasan Bupati Barru Akhirnya Terwujud

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID -- Langkah konkrit Pemerintah Kabupaten Barru dalam percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi bagi masyarakat di Kabupaten Barru ditunjukkan pemerintah Kabupaten Barru dalam bentuk MoU dengan 5 daerah Kabupaten/Kota sekaligus.

Hal ini tentunya sejalan dengan program pemerintah pusat terkait daerah penyangga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku Penajam yang pembangunannya sedang di genjot.

Adapun Nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan (Tol Laut) ditandatangani di Kota Balikpapan, Kaltim Senin (20/3/2023).

Gagasan Bupati Barru Ir H. Suardi Saleh terkait kerjasama pengembangan perekonomian daerah melalui pemanfaatan transportasi laut antar pelabuhan dan penyeberangan akhirnya terwujud.

Menurut Bupati Barru kerjasama tersebut digagas bersama Bupati Kota Baru Kalimantan Selatan, Bupati Mamuju, Bupati Pasangkayu Sulawesi Barat. Walikota Bontang dan Walikota Balikpapan Kalimantan Timur.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Pemkab Barru, Dr Andi Batara, S.STP, M.Si mengatakan, untuk mendukung kelancaran kerjasama tersebut, dengan membentuk sekretariat kerja sama," jelasnya.

Di samping itu masing-masing daerah akan menyediakan data dan informasi kebutuhan, produksi dan fluktuasi harga pasar komoditi pangan dan non pangan," terangnya.

"Dan 95 % kebutuhan pokok masyarakat balikpapan dan bontang itu disuplai dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan yang intinya ke depan bahwa Pelabuhan Garongkong akan menjadi salah satu akses utama transportasi laut pelabuhan antar daerah," ujarnya. (rls)

  • Bagikan