Ary Ginanjar Puji Hasil Survei BerAKHLAK Kominfo

  • Bagikan

"Alat ukur ini sudah ada sejak 15 tahun yang lalu. Dan pengukuran ini dilakukan secara objektif oleh lembaga eksternal yang terpercaya, bukan menilai serta mengukur diri sendiri yang umumnya terjadi di beberapa perusahaan yang bisa bersifat subjektif," ucapnya.

Alat ukur ini kata dia, resmi digunakan secara Nasional oleh Pemerintah (KemenpanRB) terhadap 700 Kementerian dan Lembaga pusat dan daerah.

Sebagai informasi, survei pemetaan budaya kerja di Kemenkominfo diikuti oleh 1379 responden. Hasil dari OCHI mengatakan bahwa Kominfo unggul di Harmonis 52,8% kategori B cukup sehat, Adaptif 46,6% serta kolaboratif 68,7% cukup sehat kategori B.

Artinya, nilai Harmonis, Adaptif, dan Kolaboratif di Kominfo lebih unggul dibanding Kementerian lainnya di seluruh Indonesia.

"Saya juga salut dengan Kominfo yang secara internal melakukan perbaikan BerAKHLAK dan lakukan rencana tindak lanjut ke depan," puji Ary.

Sedangkan secara eksternalnya, Kominfo mampu menjadi role model untuk menyemangati kementerian/lembaga/Pemerintah Daerah lainnya dalam merespon hasil OCHI kemarin. Kemudian Kominfo juga melakukan digital mindset.

Kemudian, Ary bersama tim membantu Kementerian Kominfo melakukan diskusi rencana penerapan Budaya Kerja setelah mengetahui hasil survei pemetaan Core Values BerAKHLAK.

Melalui diskusi ini diharapkan implementasi Core Values ASN BerAKHLAK di Kominfo dapat berjalan efektif dan terukur di setiap Unit kerja demi mewujudkan berjalannya program budaya BerAKHLAK dan percepatan transformasi Budaya Kerja BerAKHLAK.

  • Bagikan