Mengatasi Tantangan Revolusi Industri Bagi PNS dan PPPK (ASN)

  • Bagikan

Oleh Warham Andi Yusni, S.H.
Mahasiswa S2 Politeknik STIA LAN Program Magister Administrasi Pembangunan Negara Konsentrasi MSDMA

Ada hal yang menarik terkait dengan statement dari Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Harya Wabisana yang menyatakan bahwa terdapat 65% pekerjaan saat ini akan hilang 10 tahun mendatang. Tranformasi pekerjaan berbasis kertas (paper base) menjadi less paper dan kemudian menjadi paper less yang telah berbasis teknologi informasi sehingga tingkat kinerja menjadi efisien dan efektif. Pernyataan yang beliau sampaikan pasti memiliki dasar, telah mengalami, akan terjadi, dan bagi kita (PNS) merupakan early warning agar bersiap menghadapi 10 tahun mendatang itu. Penulis menilai bahwa beliau merupakan salah satu pimpinan yang visioner, telah memikirkan kondisi dan kemungkinan mendatang.

Coba kita sedikit menengok berbagai fakta terkait dengan pemanfaatan teknologi yang benar-benar mampu merubah pola kehidupan masyarakat yang lebih efisien, antara lain:

  • Tutupnya beberapa gerai ritail yang memiliki skala usaha yang cukup besar yang diakibatkan salah satunya adalah pergeseran minat masyarakat untuk berbelanja online.
  • Persaingan antara taksi konvensional (dengan menggunakan argo) dengan moda angkutan berbasis online (taksi online dan ojeg online), akankah taksi konvensional akan bertahan dengan bisnis ini? Pengelola moda online tidak membutuhkan banyak penambahan modal untuk ekspansi usaha. Bahkan diversifikasi moda dengan menggunakan online menyediakan layanan pengiriman makanan sampai depan pintu rumah, hebat bukan!!! ;
  • Kecenderungan penggunaan literature berbasis online pada pendidikan, fenomena penerbit konvensional yang menerbitkan buku dalam bentuk cetakkan dikertas melawan ebook ;
  • Kecenderungan penggunaan kartu debet, kartu kredit dan mesin ATM, aplikasi layanan perbankkan berbasis internet dan aplikasi digawai dan masih banyak lagi.

Contoh tersebut diatas merupakan sebagian bagian yang sangat kecil dari menggunaan jaringan komputer/jaringan internet.

Fenomena yang telah dipaparkan diatas lambat laun pasti akan lebih kencang lagi prosesnya, kehadiran teknologi informasi menggantikan beberapa fungsi rangkaian kehidupan, dalam kehidupan teknologi informasi telah dimanfaatkan secara universal oleh siapapun, dimanapun berada, tidak ada batas usia, tidak mengenal jabatan dan seterusnya. Secara alamiah manusia membutuhkan alat yang mendukung kenyamanan bagi berbagai aktifitas kehidupannya.

  • Bagikan