Raup Dana Ratusan Juta dari Korporat, Muhammad Carlos Sukses Bangkitkan Akses Pendidikan bersama Runcing Foundation

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebagai bentuk keprihatinan akan kondisi pendidikan anak-anak usia sekolah di berbagai daerah tertinggal di Indonesia, Content Creator-KOL Muhammad Carlos resmi menggandeng startup fintech Asetku. Dari kerjasama tersebut, keduanya sukses menggelontorkan dana senilai lebih dari Rp200 juta dalam program “Beasiswa Nusantaraku” lewat organisasi nirlaba yang dikelola Carlos, Runcing Foundation.

Program tersebut merupakan salah satu dari enam program kerja utama Runcing Foundation dalam misinya mengurangi ketimpangan akses pendidikan di daerah terpencil di Indonesia. Beasiswa ini menyasar 50 pelajar setara SD dan SMP di sebelas sekolah yang tersebar di NTB, NTT, serta Papua dan sukses terlaksana pada 2022 silam.

Bersama tim dari Asetku, Carlos menuturkan ia pun turun tangan langsung dalam setiap tahapan proses seleksi guna memastikan bahwa beasiswa tersebut benar-benar sampai kepada anak-anak yang membutuhkan.

“Selain (menyeleksi melalui) rapor akademik dan tes internal yang dilakukan oleh pihak sekolah, para siswa juga dinilai berdasarkan kepribadian, potensi kepemimpinan, tanggung jawab, dan semangat belajar mereka,” ujar Carlos.

“Tim internal Runcing Foundation dan kepala sekolah juga melakukan kunjungan ke rumah calon penerima beasiswa. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa anak-anak ini betul-betul mengalami kesulitan finansial dan mereka layak mendapatkan beasiswa, selain didukung oleh prestasi akademik dan non-akademik yang sangat baik,” tambahnya.

Tak hanya menyasar pelajar, Beasiswa Nusantaraku juga memberikan dukungan berupa biaya pendidikan kepada pihak sekolah yang nominalnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Dukungan dana ini mencakup suplai buku pelajaran, kegiatan sekolah, perlengkapan belajar-mengajar, bahkan untuk merenovasi bangunan sekolah.

  • Bagikan