Ernawati: Pelayanan JKN Tidak Pilih Kasih, Berobat Menjadi Lebih Mudah

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Maros – Ernawati (17) salah satu warga Kabupaten Maros yang mendapatkan jaminan kesehatan gratis bantuan pemerintah daerah dari Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (PBI APBD) Kabupaten Maros, Senin (27/03).

“Saya menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan dengan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Maros yang telah menanggung iuran jaminan kesehatan kami sekeluarga,” kenang Erna sapaan akrabnya.

Terdaftar sebagai peserta PBI APBD di Kelas III pada Program JKN ini Erna merasa tidak mengurangi manfaat dari penggunaan kartu JKN miliknya saat berobat. Semua pelayanan dan manfaat yang didapatkan di fasilitas Kesehatan tetap sama saja tidak ada perbedaan layanan dengan segmen peserta lain bahkan dengan kelas yang lebih tinggi. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah tempat tidur saat rawat inap saja.

“Pertama kali saya merasakan manfaat Program JKN saat ibu saya harus dirawat di RSUD Dr. La Palaloi selama beberapa hari karena demam. Saya merasa beruntung diperhatikan oleh pemerintah dengan diberikan kartu JKN yang bisa digunakan untuk berobat jika sakit di kemudian hari. Dan benar saja, ketika ibu saya sakit kartu tersebut sangat berguna baginya,” terang Erna.

Erna mengaku merasa aman dan tidak ada kendala pada saat menggunakan JKN miliknya, baik saat berobat di Puskesmas Lau maupun saat ibunya rawat inap dirumah sakit. Ia merasa sangat terbantu dengan tenaga medis dan rumah sakit yang tanggap dan sigap dalam menangani ibunya yang sedang sakit saat itu.

  • Bagikan