Dosen dan Mahasiswa UPRI Makassar Lakukan Pendampingan Promosi Digital untuk Kelompok Perempuan Pra-Sejahtera

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pejuang Republik Indonesia (FISIP UPRI) Makassar berkolaborasi dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Buntusu, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Kegiatan PKM ini digelar dalam bentuk pendampingan promosi digital kepada kelompok perempuan pra-sejahtera yang merintis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan produk olahan sambal kemasan "Nganre Sambal".

Program ini juga bekerja sama dengan Komunitas Ruang Kolaborasi Perempuan, yang merupakan kelompok pembinaan terfokus kepada perempuan di Makassar.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan, sejak pertengahan bulan Januari sampai dengan awal bulan April tahun 2023.

Bentuk pendampingan dilakukan dengan cara yang beragam, dari pemberian materi, praktek membuat media sosial pribadi, media sosial usaha "Nganre Sambal", praktek mendesain bahan promosi digital, praktek fotografi produk dasar, dan praktek sales marketing di lingkungan kampus UPRI Makassar.

Selama kegiatan pengabdian masyarakat, para ibu-ibu di Kelurahan Buntusu diajarkan bagaimana mereka dapat mendesain promosi digital produk olahan rumahan seperti menentukan Identitas Produk, Meningkatkan Branding, dan Melakukan pemasaran menggunakan media sosial.

Dalam kegiatan ini, dosen dan mahasiswa tidak hanya memberikan bantuan dalam hal teknis dan pengembangan usaha, namun juga memberikan semangat dan dukungan kepada perempuan-perempuan dalam membangun UMKM mereka agar bisa menjadi mata pencharaian tambahan untuk keluarganya.

  • Bagikan