Sukses Raih Gelar Dokter, Kartika Kembangkan Model Pembelajaran Aksara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,--Berbagai model pembelajaran terus dikembangkan, salah satunya model pembelajaran keaksaraan berbasis induktif kata bergambar oleh Mahasiswa S3, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Kartika Fajriani.

Dalam disertasinya, Kartika membahas terkait konsep model pembelajaran keaksaraan berbasis induktif kata bergambar pada anak usia dini yaitu Tutoring, Independent Reading, Knowledge, dan Abstracting (TIKA).

"Metode TIKA membantu anak membangun keterampilan membaca dan menulis dengan lebih mudah dan efektif karena dilakukan secara visual dan interaktif dengan mengaitkan gambar dengan kata-kata tertentu," jelasnya, saat diwawancarai FAJAR.

Lebih lanjut, Dosen PG PAUD ini mengungkap bahwa metodenya ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar dan minat anak terhadap pembelajaran karena memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui gambar.

"Model pembelajaran TIKA lebih mudah dipahami oleh anak-anak yang memiliki kemampuan bahasa yang masih terbatas karena lebih banyak menggunakan gambar sebagai alat bantu visual.

Selain itu juga meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak karena gambar dapat membantu anak untuk memahami konsep dan menghubungkannya dengan dunia sekitarnya," jelas dosen wanita asal Samarinda ini.

Menurutnya lagi, model pembelajaran TIKA yang berhasil dipertahankannya saat Promosi Dokter di UNM, Selasa lalu sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan saat ini.

Diantaranya, pendidik yang ada dilembaga PAUD dapat menggunakan model pembelajarannya, untuk menstimulasi dan meningkatkan kemampuan keaksaraan sejak dini dan menfaat lainnya.

  • Bagikan