Kunjungan Wisata Momen Lebaran Meningkat, Tanjung Bira Tembus 28 Ribu Pengunjung dalam Lima Hari

  • Bagikan
Salah satu spot di Pantai Tanjung Bira

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Momen libur lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Angka kunjungan di lokasi pariwisata tercatat meningkat.

Salah satu destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang kunjungannya meningkat, yakni Pantai Tanjung Bira.

“Jadi alhamdulillah, pasca Idulfitri ada peningkatan cukup lumayan, cuku besar yang masuk ke Bira,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bulukumba, HM Daud Kahal kepada fajar.co.id, Rabu (26/4/2023).

Daud mengatakan, peningkatan kunjungan sebenarnya ada di seluruh objek wisata yang dikelola pihaknya. Mulai dari Pantai Tanjinh Bira, Pantai Samboang, Makam Dato Tiro, Air Terjun Bravo 45 dan Kahayya, Air Terjun Gamaccayya hingga Ammatoa Kajang.

“…Dan objek lainnya yang kami kelola. Tapi belum ada laporannya, karena pencatatannya manual. Beda di Bira,” jelasnya.

Di Bira sendiri, kata Daud, kunjungan meningkat pesat. Ia mengatakan ada 28 ribu pengunjung, jumlah itu hanya dari tanggal 21 April - 25 April.

“Kalau mau dhitung, akumulasinya itu sekitar Rp465 juta,” paparnya.

Dari lima hari itu, Daud bilang kunjungan paling signifikan terjadi di rentang tanggal 23 hingga 25 April. Atau setelah lebaran.

Senada dengan itu, Sekretaris Dinas Kebudaayan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan (Sulsel) Devo Khadafi membenarkan hal itu. Ia mengaku dapat laporan dari Dispar Bulukumba.

“Di Bira, tahun ini juga jauh meningkat dibanding tahun lalu. Tahun lalu 30 ribuan, menurut Dispar tahun ini jauh lebih besar lagi,” ujarnya. (Arya/Fajar)

  • Bagikan