Google Meluncurkan Dukungan untuk Kunci Sandi di Seluruh Layanannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Ketika Anda memeriksa pengaturan keamanan akun Google, Anda sekarang akan menemukan bagian baru bertanda "Passkeys."

Itu karena raksasa teknologi itu mulai meluncurkan dukungan untuk teknologi autentikasi baru, yang menawarkan pengalaman tanpa kata sandi di seluruh layanannya.

Dukungan keamanan baru untuk seluruh layanan Google ini disebut sudah banyak hadir untuk pengguna Google. Cara mengaktifkannya juga kabarnya mudah, untuk ponsel dan laptop hanya menggunakan sekali klik saja.

Teknologi ini menggunakan biometrik perangkat Anda baik sidik jari atau wajah Anda atau pin-nya untuk mengkonfirmasi bahwa Anda yang masuk. Namun, ini sama sekali berbeda dengan menggunakan biometrik Anda untuk mengisi kotak nama pengguna dan kata sandi secara otomatis.

Membuat kunci sandi untuk akun Anda menghasilkan sepasang kunci kriptografi, satu pribadi dan satu publik. Kunci pribadi tetap ada di perangkat Anda, dan itulah yang akan digunakan Google untuk memverifikasi identitas Anda dengan kunci publik yang diunggah ke servernya.

Kunci sandi dianggap lebih aman dari pada teknologi masuk saat ini, karena kunci pribadi hanya berada di perangkat yang membuatnya dan tidak dapat dicuri jika peretas membobol server Google. Fakta bahwa Anda tidak perlu menggunakan kata sandi untuk masuk berarti teknologi ini juga dapat melindungi Anda dari upaya phishing.

Google sendiri diketahui telah memperjuangkan penggunaan login tanpa kata sandi dan telah menambahkan dukungan kunci sandi untuk Chrome dan Android tahun lalu.

  • Bagikan