Elektabilitas Ganjar Pranowo Meroket, Hasto: Respoden Menilai Mampu Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi

  • Bagikan
Ganjar Pranowo hadiri halal bihalal Relawan Jokowi di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023). -Fianda Sjofjan Rassat-ANTARA

FAJAR.CO.ID - Elektabilitas bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berdasarkan hasil survei terus meroket.

Meroketnya elektabilitas Ganjar karena responden yakin akan kemampuannya melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Demikian penilaian Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"PDI Perjuangan tentu saja bersyukur bahwa efek deklarasi yang dirancang khusus dan diumumkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri pada momentum yang tepat berdampak pada meroketnya elektoral PDI Perjuangan dan Pak Ganjar Pranowo," kata Hasto dalam keterangannya, Selasa, 16 Mei 2023.

Selain itu, 67 persen responden mempersepsikan Ganjar sebagai sosok yang dinilai mampu melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan menyambut positif survei Charta Politika yang merilis hasil survei elektabilitas bakal capres dan partai politik untuk Pemilu Serentak 2024.

Charta Politika menyebut, katanya, Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan menempati posisi teratas.

Berdasarkan hasil rilis survei terbaru Charta Politika, elektabilitas Ganjar Pranowo unggul dari Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam simulasi pilpres dengan tiga nama.

Dalam survei itu, Ganjar dipilih oleh 38,2 persen responden, yang kemudian disusul oleh Prabowo Subianto dengan 31,1 persen dan Anies Baswedan meraih 23,6 persen.

Sementara itu, untuk partai politik, elektabilitas PDI Perjuangan menempati urutan pertama dengan 22,1 persen.

  • Bagikan