Siaran TV Analog di Makassar Dimatikan 20 Mei Mendatang, Lakukan Hal Ini Jika Ingin Terus Terhubung

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Siaran TV analog di Makassar dan sekitarnya akan segera dimatikan. Analog Switch Off (ASO) itu dilakukan pada 20 Mei 2023 pukul 24:00 WITA.

Rencana itu akan dilakukan jika pendistribusian set top box (STB) di Makassarmencapai 90 persen. Sementara saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menyebut sudah 82,5 persen.

Di Makassar sendiri, tim ANTV mengunjungi langsung rumah warga untuk sosialisasi. Sosialisasi dilakukan di kawasan Kecamatan Biringkanaya.

Manager Corporate Communications ANTV Riyandri Tjahjadi mengatakan, kedatanagn ANTV ke rumah-rumah warga di Makassar sebagai bentuk terima kasih karena tetap setia bersama program-program ANTV. Selain itu memudahkan warga dalam menyaksikan program- program ANTV.

Riyandri menjelaskan, meski siaran TV analog akan dimatikan, tapi tak perlu dicemaskan. Karena mudah untuk mengakses siaran digital ANTV.

“Khususnya di wilayah Makassar dan sekitarnya, pemirsa hanya perlu membeli Set Top Box (STB) bersertifikat dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2,” jelasnya.

Pertama, kata dia, siapkan STB dan antenna. Lalu pastikan TV dalam mode AV.

“Kemudian Pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB,” terangnya.

Setelah itu, pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB. Setelahnya, nyalakan STB, dan atur LCN dalam keadaan hidup/ON agar langsung memperoleh channel digital
ANTV.

“Masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal. Terskhir, Klik pencarian otomatis dan siaran TV digital siap ditonton,” paparnya.

  • Bagikan