Mahasiswa PPG Unismuh Luncurkan Perpustakaan Digital untuk Siswa Sulsel

  • Bagikan
Mahasiswa PPG Unismuh Luncurkan Perpustakaan Digital

FAJSR.CO.ID, MAROS -- Kemajuan teknologi dan perkembangan informasi yang semakin pesat mesti diikuti dengan animo literasi kalangan pelajar.

Atas dasar tersebut, mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Universitas Muhammadiyah Makassar (PPG Prajabatan Unismuh) membangun perpustakaan digital di beberapa sekolah.

Jumlahnya sebanyak 9 sekolah di beberapa kabupaten/kota Sulsel.

Perpustakaan digital tersebut diluncurkan secara seremonial di UPT SMP Negeri 18 Lau, Kabupaten Maros Rabu, 17 Mei 2023.

Proyek Perpustakaan digital ini lahir sebagai karya para mahasiswa PPG Unismuh Makassar gelombang 1 Tahun 2022 Kelas Bahasa Indonesia.

Perpustakaan tersebut digagas mahasiswa bimbingan mata kuliah Proyek Kepemimpinan II Dr. Alim Bahri, M.Pd. dan Dr. Andi Paida, M.Pd.

Adapun para mahasiswa tersebut dipimpin M. Fachmy Achdan Kadir selaku koordinator berkolaborasi dengan anggota tim yang terdiri dari Fitriani Sanong, Lenni Ashari, Nur Syahriani, Nurhidayah, St. Nuratika, Vinosa Permata Isma, Sri Fitriani, dan Anas Saputra.

Mahasiswa PPG Prajabatan UNISMUH meluncurkan web perpustakaan digital yang inovatif untuk 9 sekolah di Sulawesi Selatan, yang terdiri dari:

UPT SMPN 18 Lau, Kab. Maros
UPT SMPN 1 Takalar
UPT SMPN 10 Barru
UPT SMPN 26 SATAP Pallantikang, Kab. Maros
UPT SMPN SATAP 4 Kajuara, Kab. Bone
UPT SMPN 1 Tarowang, Kab. Jenneponto
UPT SMPN 1 Bontomarannu, Kab. Gowa
UPT SMAN 3 Sinjai
UPT SMAN 5 Soppeng

Kepala UPT SMP Negeri 18 Lau, Hj. Sitti Salmah, S.Pd., M.Pd. sebagai perwakilan dari 9 sekolah (lokasi PPL II anggota tim) meresmikan dengan menandatangani prasasti Perpustakaan Digital yang didampingi Wakasek dan Koordinator Tim serta disaksikan oleh undangan dan peserta kegiatan yang hadir secara langsung maupun virtual.

  • Bagikan