IAS Bercita-cita Sulap Malino Kalahkan Wisata Batu di Malang, Kawasan Layak Diperluas

  • Bagikan
Ilham Arief Sirajuddin

FAJAR.CO.ID, MALINO -- Kandidat bakal calon gubernur Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) memiliki angan-angan mendorong Malino menjadi destinasi wisata yang tidak hanya ramai di akhir pekan saja. Melainkan sepanjang pekan.

"Dan, kunci utama mencapai itu memang pembenahan infrastruktur akses menuju kawasan yang disebut dengan Kota Bunga itu. Waktu jangkau ideal sebuah kawasan wisata dari pusat kota itu idealnya tidak lebih dari 3 jam," ujar IAS saat bersilaturahmi dengan warga Dusun Parangboddong, Kanreapia, Tombolopao, Gowa, Kamis petang, 18 Mei 2023.

Wali kota Makassar 2004-2014 itu mengakui kawasan wisata alam berjuluk Kota Bunga itu sudah banyak kemajuan.

Tidak terlepas dari sentuhan pemerintah daerah. Sisa melakukan pengaturan pewilayahan kawasan.

"Misalnya, kawasan kuliner memang perlu dibuatkan sebuah area khusus agar keberadaannya tidak mengganggu pengguna jalan," kata IAS lagi.

Tapi dalam benak mantan Ketua Golkar Sulsel itu, kawasan wisata alam di dataran tinggi Gowa itu sangat layak dilebarkan.

"Yang paling tepat adalah memperluas ke atas (ke arah Timur, perbatasan Kab Sinjai--red) kawasan wisata alam Malino. Di sepanjang Kecamatan Tinggimoncong dan Tombolopao itu, potensi agrowisata juga sangat memungkinkan," sambungnya.

Untuk itu, setelah akses infrastruktur dilayakkan maka yang dibutuhkan berikutnya adalah master plan wilayah kawasan wisata. Dan benar-benar harus disiplin melakukan penataan wilayah," sambungnya.

"Insya Allah jika mendapat kepercayaan warga Sulsel memimpin, dataran tinggi Gowa ini bisa didorong sebagai kawasan yang tidak akan kalah potensial dengan kawasan wisata Batu di Malang," tegas IAS.

  • Bagikan