Diskominfo Bone Ambil Peran Tekan Angka Stunting Melalui Beberapa Strategi

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BONE -- Penanganan stunting menjadi perhatian diberbagai sektor. Salah satunya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Bone juga turut mengambil peran melalui beberapa srategi. 

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone, H Barham ST MM menuturkan pihaknya memiliki peran strategis dalam upaya pencegahan stunting (keterlambatan pertumbuhan pada anak) melalui berbagai kegiatan komunikasi dan informasi. 

Lebih lanjut ia memaparkan beberapa peran yang dapat dilakukan oleh Dinas Kominfo, kampanye dan penyuluhan dimana Dinas Kominfo dapat mengorganisir kampanye dan penyuluhan tentang pentingnya gizi dan pola makan yang sehat untuk pertumbuhan anak. Kampanye ini dapat dilakukan melalui media sosial, radio, televisi, brosur, poster, dan berbagai saluran komunikasi lainnya. 

"Dengan menyebarkan informasi yang tepat, Dinas Kominfo dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stunting dan cara pencegahannya," ucapnya. 

Peran selanjutnya yakni peningkatan akses informasi, Dinas Kominfo dapat berperan dalam memastikan akses masyarakat terhadap informasi yang relevan tentang gizi dan pencegahan stunting. Hal ini dapat dilakukan melalui penyediaan konten informatif di situs web resmi, aplikasi seluler, dan saluran komunikasi digital lainnya. 

"Dinas Kominfo juga dapat bekerja sama dengan lembaga kesehatan setempat untuk menyebarkan informasi tersebut secara lebih luas," katanya. 

Selanjutnya yaitu keterlibatan komunitas, dinas kominfo dapat memfasilitasi pembentukan dan keterlibatan komunitas dalam upaya pencegahan stunting. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan forum diskusi, pertemuan, dan kegiatan partisipatif lainnya untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterlibatan masyarakat dalam memerangi stunting.

  • Bagikan