Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut, Puskesmas Bisappu Laksanakan UKGS SD

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA -- Puskesmas Bisappu menggelar Sikat Gigi Massal yang menyasar sekolah dasar di Kecamatan Bisappu, Selasa, 23 Mei 2023.

Kegiatan ini dilakukan bersama di bawah infrastruktur petugas kesehatan dari Puskesmas Bisappu dan Guru UKS SD 22 Beloparang.

Kepala Puskesmas Bisappu, Ernawati mengatakan, pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang sangat penting untuk mendasari terbentuknya sebuah perilaku yang mendukung pemahaman efek sikat gigi.

"Usia pendidikan dasar merupakan saat yang ideal untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar anak," kata dia.

Program Upaya Kesehatan Gigi Anak Sekolah (UKGS) ini telah menyasar 10 sekolah dari 18 sekolah dasar kelas 1, 2 dan 3 yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Bisappu. Dari 10 sekolah dasar, 465 murid telah merasakan manfaat dari program tersebut.

"Ada 18 sekolah dasar dalam wilayah kerja Puskesmas Bisappu dengan jumlah murid kelas 1,2 dan 3 sebanyak 1.472. Sampai pada bulan Mei 2023, 10 sekolah dasar dan 464 murid telah merasakan manfaat dari program UKGS ini," kata dia.

Lebih lanjut, Ernawati menjelaskan UKGS bertujuan membina kesehatan anak, khususnya pada kesehatan gigi dan mulut.

"Membentuk perilaku positif anak bagi kesehatannya serta menstimulasi dan melatih kemampuan perkembangan motorik anak," kata dia. (**)

  • Bagikan