Tekan Tawuran Jalanan, Polrestabes Makassar Kembali Resmikan Balla Barakka’

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kurang lebih dua bulan Kombes Pol Mokhamad Ngajib menjadi nakhoda di Polrestabes Makassar, penekanan terhadap kriminalitas jalanan terus dilakukan.

Seperti baru-baru ini, Ngajib kembali meresmikan rumah singgah Balla Barakka' di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya.

Selain meresmikan, Ngajib mengatakan pihaknya juga menyalurkan buku bacaan di rumah singgah tersebut.

Hal itu dilakukan guna untuk meningkatkan literasi bagi anak jalanan dan kurang mampu.

"Di tempat ini kita siapkan perpustakaan untuk memberikan pelajaran dasar bagi anak-anak di sini, tentunya yang tidak mengikuti pelajaran formal, atau yang putus sekolah maupun yang tidak sekolah," ujar Ngajib, Kamis (25/5/2023) siang.

Ngajib menuturkan, rumah singgah tersebut merupakan wadah pembinaan untuk anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan formal karena berbagai persoalan sosial.

Rumah singgah tersebut, kata dia, diberi nama Balla Barakka yang merupakan binaan langsung Polrestabes Makassar.

"Rumah Barakka ini merupakan rumah barokah. Disiapkan tempat baik untuk pembinaan kepada anak-anak, kemudian disiapkan pos yang kemudian kita bersama-sama TNI Polri serta partisipasi masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate dan wilayah kecamatan Makassar," tukasnya.

Dikatakan mantan Kapolrestabes Palembang itu, rumah singgah tersebut sengaja ditempatkan pada daerah titik rawan tawuran antarpemuda.

"Sehingga langkah antisipasinya mengajak anak-anak maupun pemuda masuk ke rumah singgah, menghabiskan waktu membaca, tujuannya menambah ilmu pengetahuan bagi mereka," kuncinya. (Muhsin/Fajar)

  • Bagikan