2927 Difabel Mendapatkan Vaksinasi COVID-19 pada Program VACCINE & TRACE di Sulawesi Selatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Program Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) bekerja sama dengan Save the Children yang menggandeng Sulawesi Community Foundation berkontribusi untuk mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19, terutama untuk kelompok rentan, termasuk lansia dan penyandang disabilitas. Program ini berhasil menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada 2927 penyandang disabilitas dan 11.049 lansia, serta 41.987 kelompok rentan.

Hal ini disampaikan dalam acara Pembelajaran Program VACCINE & TRACE di Sulawesi Selatan Juni 2022 – Mei 2023 yang berlangsung di Gardenia Ballroom Hotel Claro, Kamis 25 Mei 2023.

“Setahun bekerja dengan mitra yakni Organisasi Penyandang Disabilitas, Organisasi Masyarakat Sipil, dan Organisasi Berbasis Masyarakat, relawan, agent of change, dan puskesmas, kami berhasil memberikan vaksin COVID-19 kepada 55.963 orang di lima kabupaten yakni Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Bone, Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Enrekang,” kata Muliadi Makmur, Project Manajer VACCINE - SCF dalam pemaparannya.

Cakupan vaksinasi COVID-19 dalam program ini bisa tercapai karena adanya strategi pelaksaanaan vaksinasi COVID-19 dengan memperkuat dan mengadvokasi cara vaksinasi yang lebih strategis dan inklusif, membangun kapasitas organisasi masyarakat sipil, organisasi berbasis komunitas, organisasi penyandang disabilitas, dan aktor lokal lainnya, serta berkolaborasi dengan jejaring, pengetahuan, dan pengalaman tentang konteks lokal.

Robi Lay yang merupakan Acting PM Project VACCINE & TRACE - Save the Children menegaskan, salah satu kelebihan dalam program ini adalah layanan vaksinasi yang sensitif GEDSI (Gender, Disabilitas, dan Inklusi Sosial). Dengan kata lain, kita semua berusaha menjangkau yang tidak terjangkau secara bermartabat.

  • Bagikan