Alhamdulillah, Program Penciptaan 10 Ribu Lapangan Kerja Baru Lampaui Target

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Kabupaten Sinjai mencatat realisasi program unggulan visi Bupati periode 2018-2023 khususnya dalam menciptakan 10.000 lapangan kerja baru dan 1.000 wirausaha muda baru yang telah melampaui target RPJMD.

Kepala Diskopnaker Sinjai, Ramlan Hamid memberkan, khusus untuk lapangan kerja berdasarkan data yang ada dari tahun 2018-2021 jumlahnya sudah sekitar 11.020 lapangan kerja yang dirilis pada awal tahun 2022 lalu.

“Target di RMPJD 10.000, itu belum tercover di tahun 2022 saja sudah 11 ribu, artinya kita sudah melampaui target dilaporan 2022. Nah
ini yang perlu kita cermati bersama di Sinjai bahwa banyak sebenarnya lapangan kerja yang terbuka, terkait dengan program pemerintah yang lain misalnya di bidang pertanian, dan konstruksi,” bebernya saat ditemui, Jumat, (26/5/2023).

Khususnya dibidang konstruksi Ramlan menggambarkan semakin tingginya pekerjaan fisik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah baik melalui PUPR maupun OPD lain seperti pertanian dan Disperindag maka dengan sendirinya akan menyerap lapangan kerja.

“Kalau kita bikin kegiatan berarti itu lapangan kerja kita buka untuk mereka, sehingga pekerja konstruksi yang kerja jalan ratusan kilo misalnya, berarti penyerapan tenaga kerja tinggi dan lapangan kerja yang disiapkan oleh pemerintah daerah juga tinggi. Itu baru satu sisi bidang konstruksi, kalau pertanian juga banyak,” jelasnya

Disisi lain dikatakan Ramlan, Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja setiap tahunnya memberikan pelatihan dan menfasilitasi masyarakat yang ada di Sinjai baik itu yang tidak punya pekerjaan ataupun yang sudah punya pekerjaan tetapi belum ada keahlian.

  • Bagikan