Unismuh Makassar Tuan Rumah Pelatihan Penulisan Dokumen Paten Kemdikbudristek, 25 PTN/PTS se-Indonesia Jadi Peserta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah untuk Pelatihan Penulisan Dokumen Permohonan Paten Batch 1 tahun 2023. Acara ini diselenggarakan Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Pelatihan akan berlangsung selama tiga hari itu, Senin - Rabu, 29-31 Mei 2023 di Hotel Rinra Makassar.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Prof Ratnawati Tahir menyebut bahwa kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta dari 25 Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta. Peserta tersebut antara lain berasal dari Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Muslim Indonesia, dan lain-lain.

Ratnawati juga menyebut pemateri dalam kegiatan ini berasal dari beberapa kampus, antara lain dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, dan Institut Teknologi Nasional Malang.

Rektor Unismuh Buka Acara

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse hadir membuka tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan kegembiraannya atas kepercayaan yang diberikan kepada Unismuh sebagai tuan rumah acara ini.

Ia juga berharap agar pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta, serta mendorong peningkatan kapasitas dalam bidang penulisan dokumen permohonan paten.

Menurut Ambo Asse, Pelatihan Penulisan Dokumen Permohonan Paten ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia. Paten merupakan salah satu bentuk perlindungan hukum yang penting untuk melindungi inovasi dan mendorong pengembangan teknologi yang berkelanjutan.

  • Bagikan