Wali Kota Parepare Taufan Pawe Tegaskan Seluruh Kebijakan Harus Berdasarkan Data

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) membuka Bimbingan Teknis Statistik Sektoral Lingkup Pemerintah Kota Parepare.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika ini dilaksanakan di Hotel Novotel, Kota Makassar, Minggu, 29 Mei 2023.

Turut hadir Wakil Wali Kota Pangeran Rahim, Sekda Iwan Asaad, dan seluruh pejabat Pemkot Parepare.

Dalam sambutannya, Taufan Pawe mengatakan, statistik merupakan hal terpenting dalam membangun negara atau daerah. Baginya, kata kunci dalam mengelola jumlah penduduk yang begitu banyak ada pada data statistik

"Jumlah penduduk Indonesia sekarang ini 273,8 juta jiwa. Data statistik itu penting sekali. Dari semua lini sektor kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara harus menggunakan statistik," ungkap Taufan Pawe.

Ketua Golkar Sulsel ini menjelaskan, statistik sektoral bersifat sesuai dengan kebutuhan. Pemkot Parepare butuh dan wajib untuk hadirkan statistik sektoral.

Apalagi sesuai Peraturan Wali Kota No. 48 Tahun 2020 tentang sistem satu data untuk pembangunan daerah.

"Artinya, tidak boleh ada keputusan, kebijakan yang diambil secara sektoral atau secera kelembagaan tanpa melalui data. Harus pakai data," jelasnya.

Sementara Plt. Kadiskominfo Parepare, Anwar Amir dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujan untuk memberikan pemahaman kepada pengelola data SKPD, tentang penyelenggaraan statistik sektoral dan untuk menghasilkan data berkualitas.

"Kita juga harapkan peningkatan kapasitas SDM Pemkot Parepare dalam meningkatkan mutu statistik yang terintegrasi," pungkasnya.

  • Bagikan