Pangkoops Udara II Tutup Latihan Matra Udara Koopsud II “Sikatan Daya” 2023

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Malang – Panglima Komando Operasi Udara (Koopsud) II Marsekal Muda TNI Andi Kustoro, S.E., M.M., secara resmi menutup Latihan Matra Udara II Koops Udara II "Sikatan Daya" tahun 2023 melalui video conference dari ruang rapat Suryadi Suryadarma Makoopsud II, Makassar, Selasa (30/6/2023).

Dalam sambutannya Panglima Koops Udara II menyampaikan latihan Koopsud II Sikatan Daya 2023 menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan jajaran Koopsud II.

“Tujuan dari latihan Sikatan Daya 2023 ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Koops Udara II dan satuan jajaran dalam melaksanakan operasi udara secara komprehensif dan menyeluruh, sehingga senantiasa siap melaksanakan perintah Komando Atas dalam menghadapi eskalasi nasional," ujar Panglima Koops Udara II.

Lebih lanjut Panglima mengungkapkan melalui latihan ini dapat mengukur sejauh mana tingkat kesiapan, profesionalisme, dan kerjasama antar awak pesawat, kemampuan koordinasi, pengaplikasian prosedur, taktik, dan teknik, serta sarana menguji alutsista, sarana-prasarana dan prosedur melaksanakan operasi udara.

Dalam kesempatan ini Panglima memberi penekanan mengenai kesiapan operasional alutsista, dengan mencatat secara detail dan lengkap evaluasi selama pelaksanaan latihan sebagai acuan untuk pembenahan kedepan.

"Standarisasi teknisi pesawat baik di Skadron Udara maupun Skadron Teknik terus tingkatkan, serta harus selalu siap menangani pemeliharaan pesawat ringan, sedang, maupun berat," tegas Panglima.

  • Bagikan