Kunker di Sulsel, Komite III DPD RI Minta Jemaah Haji Lansia Diperhatikan

  • Bagikan
ketua komite III DPD RI, Hasan Basri

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Komite III DPD RI meminta agar jemaah haji lansia lebih diperhatikan untuk pemberangkatan tahun ini.

Hal itu ditegaskan ketua komite III DPD RI, Hasan Basri saat kunjungan kerja di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, 31 Mei 2023.

Menurutnya, tahun ini lansia kembali diperbolehkan menjalankan ibadah haji usai pandemi Covid. Sehingga perlu perhatian khusus.

"Itu benar-benar harus diperhatikan dengan baik lansia karena waktu tunggu yang lama, karena kalau tidak orang lansia bisa sakit stress dan ini memang kebijakan awal tidak melibatkan keluarga,"katanya.

Hasan menambahkan, masukan yang diperoleh dari kunjungan kerja ini akan ditindaklanjuti dan dievaluasi kemudian memberikan rekomendasi ke Kemenag untuk ditindaklanjuti.

"Kita akan evaluasi kemudian kita akan berikan rekomendasi hal apa yang perlu ditingkatkan kembali,"pungkasnya.

Anggota DPD RI Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa meminta kepada Kemenag Sulsel agar jemaah haji lansia untuk diprioritaskan.

Senator Lily berharap waktu tunggu pemberangkatan jemaah haji tidak terlalu lama hingga mencapai puluhan tahun.

"Saya sudah mention, karena saya sudah dapat laporan di tanah Toraja dan Toraja Utara bahwa mereka dalam dalam daftar tunggu itu ada 800, tapi diberikan cuma 18, saya jadi sedih sekali juga, saya berpikir bahwa ada juga yang puluhan tahun menunggu kok nggak dapat,"katanya di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, 31 Mei 2023.

Menurutnya, waktu tunggu jemaah haji saat ini tergolong lama. Sehingga mereka yang sudah lansia terancam tidak bisa berangkat.

  • Bagikan