Hadiri Panen Perdana Vaname, Bupati Barru: Bangun Kerja Sama Dengan Perusahaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Pemkah Barru terus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di sektor tambak. Bantuan pemda untuk pengembangan udang Vaname mulai menuai hasil. Bupati Barru, saksikan panen perdana vanname di Mangkoso, Kamis (01/06/2023).
Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si, menyatakan, panen perdana kolam bulat ini merupakan bantuan Pemerintah Daerah sebagai bentuk perhatian dalam pengembangan budidaya udang vanamei di Kabupaten Barru.
Persoalan pertanian khususnya perikanan secara umum saat ini ada dua yaitu, lahan yg makin menyempit akibat pembangunan, sehingga eksetinfikasi sulit dilakukan. Demikian juga kondisi lahan tambak yang ada dengan kolam yang sudah jenuh dan kualitas air buruk,
sehingga jalan keluar adalah dengan membuat kolam bulat.
Untuk itu Pemerintah Daerah Mencoba memberikan motivasi kepada masyarakat petambak mencontoh kolam bulat ini, tanpa harus di tambak bisa ditempatkan di halaman Rumah terlebih dengan margin keuntungan mencapai 20-30 Juta / siklus ini tentu sangat membantu masyarakat .
Pemerintah Kabupaten Barru tentu saja tidak akan terus menerus memberikan bantuan kepada kelompok. Pemerintah hanya mendorong untuk memulai dan memotivasi masyarakat untuk produktif seperti yang dicontohkan kelompok Bintang Vanamei.
Terlebih sekarang sudah ada perusahaan yang bisa diajak bekerja sama dalam hal operasional Budi daya dalam bentuk pakan,benur dan sebagaianya dengan sistem bayar panen.
Konsultan Bintang Vanamei, Mukti, kelompok Bintang Vanamei adalah kelompok tani pertama yang menggunakan budidaya udang vanamei dengan sistem kolam bulat yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2022.
Penebaran dilaksanakan bulan Maret 2023 itupun karena cuaca yg tidak mengizinkan, sehingga ada hal hal yg tidak bisa kami laksanakan.
Udang Vanamei yang kita panen ini berasal dari amerika bukan udang asli Indonesia (udang windu). Selama ini udang vanamei dibudidayakan di kolam tradisional, Kolam konvensial segi empat, Kolam Segi empat dengan terpal.
Hadir dalam panen perdana vaname ini, Anggota DPRD Kab Barru Syamsul Rijal, Sekda Barru, Sejumlah Kabag dan Pimpinan OPD, camat Soppeng Riaja, Lurah Mangkoso dan Kelompok Tani Tambak Bintang Vanamei.
(HUMAS IKP BARRU)

  • Bagikan