UPT Museum La Galigo Libatkan Disabilitas Kenali Museum

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- UPT Museum La Galigo Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel kembali menggelar sarasehan museum dengan mengangkat tema "Peran Museum dalam penguatan pendidikan karakter di era Milenial" di Hotel Grand Maleo, Selasa, 6 Juni 2023.

Kegiatan ini melibatkan puluhan peserta dari kaum milenial. Namun ada yang berbeda dari tahun sebelumnya, di mana UPT museum juga melibatkan kaum disabilitas.

Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Asriadi Sulaiman mengatakan, pihaknya berupaya mendukung program gubernur Sulsel dalam melibatkan kaum disabilitas di berbagai sektor.

"Satu disabilitas tercover di UPT Museum La Galigo diakomodir kekurangan saudara kita untuk bekerja di sana,"kata dia kepada wartawan.

Saat ini, sambung Asriadi, UPT Museum La Galigo terus berbenah. Tempat yang tidak jauh dari kesan horor kini ramah terhadap anak-anak. Ke depan akan dikembangkan agar ramah terhadap kaum disabilitas.

"Sekarang lebih ramah anak, hampir setiap saat paud berkunjung, dengan kepala museum yang baru, selain inovasi menambah koleksi, kita harap semakin ramah kaum disabilita,"ungkapnya,"

Kepala UPT Museum La Galigo, Riswan Sawedi mengungkapkan, tujuan digelarnya sarasehan ini agar kaum milenial tidak asing dengan museum. Di mana museum merupakan salah satu potret sejarah.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengimbangi derasnya budaya luar yang masuk di tanah air. Sehingga anak muda sebagai penerus genarasi tidak melupakan sejarahnya.

Generasi milenial ada genarasi emas pewaris sejarah, perkembangan zaman harus dibarengi kecintaan terhadap sejarah dan bangsa Indonesia

  • Bagikan