Kirim 16 Orang Ikuti Pelatihan di BBPVP Makassar, Upaya Pemkab Sinjai Tekan Pengangguran

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja mengirimkan sebanyak 16 orang untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) boarding ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Kemnaker RI, di Makassar.

Enam belas peserta ini mengikuti pelatihan keterampilan kerja berupa kompetensi keahlian refrigeration (pendingin) guna meningkatkan skill dalam memasuki dunia kerja.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Diskop UKM dan Naker Sinjai Lukman, saat ditemui di Ruang Kerjanya, Rabu (7/6/2023) mengatakan bahwa 16 orang ini mengikuti pelatihan pendingin atau perbaikan AC dan Kulkas dari tanggal 30 Mei hingga tanggal 20 Juli 2023.

“Diawal bulan April lalu kita buka pendafraran yang mau ikut pelatihan ini dan sebanyak 37 orang mendaftar. Dari jumlah ini dilakukan seleksi oleh BBPVP Makassar dan akhirnya lolos 16 orang yang saat ini sudah mengikuti pelatihan di Makassar,” jelasnya.

Menurutnya, program pelatihan ini salah satu langkah nyata dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sinjai, sesuai visi dan misi Bupati Sinjai.

“Kita harap setelah mereka mendapatkan ilmu dan sertifikat kompetensi melalui pelatihan ini, mereka dapat membuka usaha atau mengembangkan usahanya sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru,” tuturnya.

Pelatihan ini kata, Lukman, semua biaya dan fasilitas ditanggung oleh BBPVP Makassar, bahkan akan mendapatkan uang saku bagi peserta yang lulus ujian kompetensi sehingga ada modal untuk membuka usaha.

  • Bagikan