Lawan Hoax, PMN Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Pemuda di Mappatoba Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE - Gerakan jaringan sukarelawan Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus menebarkan dampak positif bagi masyarakat.

Teranyar, PMN Sulsel mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pemuda di Desa Mappatoba.

Pelatihan jurnalistik bertema ‘Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis dalam Melawan Hoax’ diselenggarakan di Balai Desa Mappatoba, Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Rabu (7/6/2023).

Korwil PMN Sulsel, Jusman mengatakan pelatihan jurnalistik dilakukan bertujuan untuk agar para pemuda di desa Mappatoba bisa membedakan mana informasi berita yang benar dan mana yang mengandung hoax.

“Pelatihan jurnalistik ini bertujuan agar pemuda di desa Mappatoba bisa mengetahui informasi-informasi yang tersebar di media sosial, supaya tidak menepaah secara mentah untuk diambil,” kata Jusman di lokasi, Rabu (7/6/2023).

Menurut Jusman, para pemuda di Desa Mappatoba sangat antusias mengukuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PMN Sulsel.

Terbukti, kata Jusman, para peserta aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri mengenai materi yang bertema ‘Bersinergi Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Kritis dalam Melawan Hoax ini.

“Antusias pemuda di sini cukup bagus. Karena diiringi dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan terhadap narasumber,” beber dia.

Lebih jauh, Jusman berharap pasca adanya pelatihan jurnalistik itu pemuda bisa terhindarkan dari berita-berita hoax.

“Artinya dengan pelatihan ini membedakan mana informasi sesuai fakta dan mana informasi atau pemberitaan bersifat hoax,” ujarnya.

  • Bagikan